Jumat, 24 Maret 2017

Video Graphics Array (VGA)

Dizaman seperti sekarang ini barang elektronika sangat banyak peminatnya terutama bagi kalangan anak muda yang mulai berkembang dan mengenal namanya teknologi entah itu komputer handphone atapun yang lainya, biasanya mereka menggunakan untuk keperluan sehari hari atau hobi mereka 

 









Video Graphics Array (VGA), adalah sebuah standar tampilan analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Kartu VGA zaman sekarang sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset, yang adalah chipset masa kini di mana sudah memasukkan kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Selain kartu VGA, sekarang ada "periferal"  komputer pendukung yang dinamakan "3D Accelerator" (akselerator tiga dimensi), yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah/menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna. Akselerator 3D yang keberadaannya tidak lagi memerlukan IRQ ini mampu melakukan manipulasi-manipulasi grafis 3D yang lebih kompleks dan lebih sempurna, contohnya adalah pada permainan-permainan komputer yang mendukung tampilan tiga dimensi mampu ditampilkan dengan citra yang jauh lebih realistis, kini dapat dikerjakan oleh prosesor grafis tiga dimensi pada 3D accelerator tersebut. Dengan adanya pembagian kerja ini, maka prosesor pada motherboard dapat lebih banyak melakukan tugas pemrosesan data-data lainnya. Selain itu programmer tidak perlu membuat fungsi grafis tiga dimensi, sebab fungsi tersebut sudah disediakan dengan sendirinya oleh akselerator tiga dimensi.
Perlu diketahui pula bahwa chipset 3D pada kartu VGA tidak sebaik jika menggunakan 3D accelerator sebagai pendukungnya (3D accelerator dipasang secara terpisah bersama dengan kartu VGA). Namun meski demikian, Chipset 3D pada kartu VGA juga mendukung adanya beberapa fasilitas akselerasi tiga dimensi pada 3D accelerator. Sebagai catatan penting bahwa, fungsi 3D accelerator akan optimal jika "perangkat lunak" permainan yang dijalankan memanfaatkan fungsi-fungsi khusus dari 3D accelerator tersebut. Software "permainan"  yang mendukung fasilitas ini sekarang mulai berkembang, yang terkenal adalah dukungan terhadap 3D accelerator yang memiliki chipset VooDoo 3D FX, Rendition Verite, dan Permedia 3D Labs.

wikipedia



dalam di dunia pergamenan banyak yang selalu bertanya vga apa yang sangat cocok untuk bermain game ini dan game itu  dan ternyata banyak jawaban dari setiap orang berbeda beda terutama bagi orang yang meiliki finansial di atas rata rata merka selalu beranggapan Vga dengan type dan harga yang tinggi merupakan vga tercanggih dan terbaik untuk mereka namun bagi kalangan finansial yang dibawah rata rata mereka akan memilih dengan mencari di berbagai sumber performa dari setap vga itu dan akan menemukan vga dengan harga terjangkau tetapi memiliki performa yang tak kalah tanding dengan vga yang harga diatasnya

Ok lebih lanjutnya saya akan memberiakan tips untuk memilih vga sesuai kebutuhan :

1. kita harus tau untuk apa kita membli vga
ini sangat peting karena bila kita tidak memikirkan untuk apa kita membeli vga kita tak akan mendapatkan  performa yang kita inginkan malahan akan membuang buang uang saja.

2.  kita harus tau merek / type bahkan spesifikasi yang ditawarkan
vga memiliki banyak type dan merek walapun sama sama mengusung brand besar namun ada beberapa perbedaan dan itu bisa diketaui dengan cara melihat hasil review dari orang orang yang kerjaanya meriview vga dengan bermain game dan akan menerangkan juga hasil dari performanya.

3. kita harus tau standart minimum penggunaan power supply
vga rata rata memiliki standart minimum pengguanan power supply dari perwhatt hingga ampernya, oleh karena itu kita harus lebih meliat power suphply yang sedang dipakai .

4. kita harus tau spesifikasi komputer kita
ini sangat diperlukan karena bila komputer kita / spesifikasi komputer kita tidak memadai akan terjadi penurunan performa dari si vga , oleh karenanya kita perlu tau komponen apa saja yang terdapat di komputer kita dari prosesor hingga motherboard dan os yang kita pakai

5. kita harus mengerti art istilah bit, ddr, gpu, oc,Texture Rate, Core Speed, cuda, dll.

Terima Kasih Telah Berkunjung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontributor

Popular Posts